Dampak Kekurangan Asam Folat Untuk Ibu Hamil!

asam folat untuk ibu hamil

Saat dalam fase kehamilan, asupan nutrisi menjadi yang memadai menjadi kunci kesehatan ibu serta janin dalam kandungan. Dan salah satu nutrisi penting yang diperlukan selama kehamilan ini adalah  asam folat untuk ibu hamil

Asam folat atau vitamin B9 ini berperan dalam pembentukan sel, pertumbuhan janin, dan juga mencegah kelainan pada tabung saraf. 

Sehingga dengan begitu, kekurangan asam folat selama fase kehamilan ini, sejatinya akan menimbulkan berbagai dampak yang sangat serius.   

Dampak Kekurangan Asam Folat Saat Hamil

Adapun berbagai dampak kekurangan dari asam folat untuk ibu hamil ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Kelainan Pada Tabung Saraf

Salah satu dampak yang serius dari kekurangan asam folat ini adalah, resiko terjadinya kelainan tabung saraf pada janin.

Kelainan ini meliputi spina bifida, yang terjadi ketika tabung saraf janin tidak berkembang dengan baik, pada awal kehamilan. 

  • Anemia

Kekurangan asam folat juga dapat mengakibatkan anemia pada ibu hamil. Anemia ini sendiri merupakan sebuah kondisi dimana tubuh tidak memiliki sel darah merah yang cukup, untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh.

Hal ini setidaknya  dapat menyebabkan berbagai kondisi kesehatan yang kurang baik, seperti sesak nafas, mudah lelah, dan masalah kesehatan lainnya yang dapat mempengaruhi ibu dan janin dalam kandungan. 

  • Preeklamsia

Beberapa penelitian sudah menunjukan bahwa kekurangan asam folat ini, dapat meningkatkan risiko preeklamsia selama fase kehamilan. 

Preeklamsia ini sendiri merupakan sebuah kompilasi serius, yang akan mempengaruhi organ tubuh dan tekanan darah, sehingga akan berdampak kurang baik pada ibu dan janin. 

  • Menghambat Pertumbuhan Janin

Kekurangan asam folat selama hamil juga dapat mempengaruhi pertumbuhan pada janin. Ini akan mengakibatkan bayi lahir dengan kekurangan berat badan, sehingga dapat meningkatkan resiko masalah kesehatan pada kesehatan bayi setelah lahir. 

Sebagai langkah pencegahan dari berbagai hal diatas, tentunya ibu hamil bisa mulai mengkonsumsi berbagai makanan yang kaya akan kandungan asam folat untuk ibu hamil. 

Dengan perhatian yang tepat terhadap nutrisi dan perawatan yang sesuai, sahabat MAKUKU bisa memastikan kelahiran bayi yang sehat dan juga terbebas dari kelainan yang tidak diharapkan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *