Cara Tepat dan Mudah Menangani Iritasi Mata

iritasi mata

Ketika terjadi iritasi mata yang dapat menimbulkan mata merah, gatal hingga perih, hal tersebut tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari. Jika hal ini terjadi pada Anda, maka Anda harus segera menanganinya agar tidak berkelanjutan.

Penanganan iritasi mata ringan sebenarnya tidaklah sulit, Anda bisa melakukan beberapa hal sederhana seperti berikut ini:

  1. Kompres mata

Salah satu cara tepat dan mudah mengatasinya Anda bisa mengompres mata yang terindikasi terkena iritasi. Anda bisa menggunakan kombinasi air dingin dan air hangat untuk mengembalikan kondisi mata seperti semula. Adapun caranya yaitu:

  • Siapkan dua wadah yang masing-masing berisikan air dingin dan air hangat.
  • Gunakan kain lembut untuk mengompres ke area mata.
  • Kompres bagian mata secara bergantian dengan menggunakan air dingin dan hangat selama beberapa menit.
  • Diamkan mata sejenak sambil mengeringkan area yang basah.
  1. Istirahatkan mata

Biasanya, iritasi mata ringan bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 3-7 hari tergantung seberapa parah kondisi kondisinya. Oleh karena itu, Anda juga bisa meredakan mata yang terkena iritasi dengan mengistirahatkannya. Cobalah untuk menghindari menatap layar komputer atau gadget beberapa waktu hingga keadaan benar-benar membaik. 

Selain itu, Anda juga bisa menerapkan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi nutrisi yang bisa membantu dalam menjaga kesehatan mata seperti sayuran atau buah-buahan yang kaya akan vitamin A dan C. 

  1. Hindari menggaruk mata

Ketika mata Anda terindikasi terkena iritasi ringan, maka sebaiknya Anda menghindari untuk menggaruk bagian mata tersebut meskipun terasa gatal sekali put.

Pasalnya dengan semakin sering Anda menggaruknya, maka hal tersebut dapat membuat kondisinya semakin parah. Bahkan bukan tidak mungkin kuman yang ada pada tangan akan terkontaminasi ke mata yang dapat memperburuk keadaan.

Itulah dia cara penanganan iritasi pada mata dengan tepat dan mudah. Selain dengan cara yang sudah disebutkan diatas, ketika terjadi iritasi mata segeralah teteskan obat tetes mata Insto Eye Drops. Kandungan Tetrahydrozoline HCl dan Benzalkonium Klorida yang ada didalamnya mampu mengatasi mata merah dan rasa perih akibat iritasi mata ringan dengan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *