Tips Menyiapkan Kebutuhan Bayi Baru Lahir

kebutuhan bayi baru lahir

Hampir semua orang tua baru yang akan memiliki anak pertamanya merasa bingung saat menyiapkan kebutuhan bayi baru lahir. Hal tersebut wajar karena setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. 

Namun jika tidak dipertimbangkan dengan baik, Anda hanya akan menjadi impulsif. Sangat sayang bukan jika banyak barang yang tidak terpakai? Berikut ini tips menyiapkan kebutuhan bayi yang bisa Anda terapkan:

1. Buat Daftar Kebutuhan

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah membuat daftar kebutuhan. Tujuannya agar Anda tidak melewatkan barang penting. Selain itu, daftar kebutuhan membantu Anda mengontrol keuangan sehingga tidak impulsif. 

2. Jadikan Kebutuhan Dasar Sebagai Prioritas

Setelah menulis semua barang dan peralatan yang dibutuhkan, selanjutnya tentukan prioritas. Jadikan kebutuhan dasar sebagai prioritas. Kebutuhan dasar adalah kebutuhan yang wajib terpenuhi. Contohnya yaitu pakaian, popok, peralatan mandi, dan kebutuhan ASI.

3. Keamanan dan Kenyamanan yang Paling Utama

Bayi yang baru lahir memang lebih sensitif dibandingkan bayi yang lebih dewasa. Jadi pastikan semua barang yang Anda beli mengutamakan kenyamanan dan keamanan. Mintalah rekomendasi dari saudara atau sahabat yang sudah memiliki anak. 

4. Perhitungkan dengan Baik Jumlah yang Dibutuhkan

Bayi baru lahir memiliki perkembangan yang sangat pesat. Jadi perhitungkan dengan baik jumlah barang yang dibutuhkan. Misalnya baju tidak perlu terlalu banyak karena Si Kecil akan cepat besar. Sementara popok harus banyak karena bayi baru lahir biasanya sering BAB dan BAK sehingga perlu sering-sering ganti popok. 

5. Jangan Panic Buying

Tips terakhir yaitu jangan panic buying atau terburu-buru membeli perlengkapan bayi baru lahir. Utamakan kualitas dan kenyamanan. Jika belum menemukannya, Anda bisa menunggu beberapa waktu. Itulah sebabnya Anda perlu menyiapkan kebutuhan bayi jauh-jauh hari. Jangan terlalu dekat dengan HPL atau Hari Perkiraan Lahir.

Itulah tips menyiapkan kebutuhan bayi baru lahir agar sesuai kebutuhan. Popok merupakan perlengkapan wajib yang harus Anda siapkan sejak awal. Untuk bayi baru lahir, Anda bisa memberikan MAKUKU SAP Diapers Slim. Popok tipis 1,6 mm ini cocok untuk newborn karena memiliki struktur SAP (Super Absorbent Polymer) yang anti ruam dan anti gumpal. Langsung saja pilih MAKUKU SAP Diapers Slim ukuran NB untuk Si Kecil. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *