Fungsi Khusus 2 Tombol Flush Toilet Anda Wajib Mengetahuinya!

Bagi Anda yang memiliki atau pernah menggunakan toilet duduk, tentu tidak asing lagi dengan dua tombol flush toilet yang berfungsi untuk menyiram kotoran agar dapat mengalir ke pembuangan. 

Umumnya, kedua tombol flush tersebut berada di bagian atas toilet yang akan berfungsi ketika kita menekannya. Jika diperhatikan, dua tombol flush tersebut memiliki ukuran yang berbeda. Apakah Anda pernah menekan nya secara bersamaan? Perlu diketahui, ternyata kedua tombol tersebut memiliki fungsi khusus yang berbeda, lho!

Adapun fungsi khusus tersebut terkait dengan pengelolaan limbah yang diharapkan toilet dapat menghemat air. 

Fungsi Tombol Flush Besar

Tombol flush toilet dengan ukuran yang lebih besar sebenarnya diperuntukan untuk membilas kotoran padat seperti feses atau tinja. Pasalnya, dalam sekali tekan tombol yang tersebut akan mengeluarkan volume air yang cukup tinggi bahkan hingga 6 liter. 

Fungsi Tombol Flush Kecil

Fungsi tombol flush dengan ukuran yang lebih kecil diperuntukan sebagai pembilas kotoran ringan seperti urine atau benda cair lainnya. Berbeda dengan tombol besar, tombol flush dengan ukuran lebih kecil ini akan mengeluarkan air dengan volume yang lebih rendah yaitu sebanyak 3 sampai 4,5 liter. 

Sejarah Flush Toilet 

Dikutip dari berbagai sumber, negara pelopor dalam mengembangkan teknologi dua tombol flush toilet tersebut adalah negara Australia. Pasalnya sejak dulu, negara kangguru tersebut memang terkenal dengan ketersediaan air bersih yang sedikit dan sering mengalami kekeringan. 

Di sisi lain, membilas kotoran pada toilet dengan menggunakan air secara tradisional dianggap sangat boros. Karena alasan itulah Bruce Thompson dari Caroma Industries menciptakan sistem pembilasan dua tombol pertama pada tahun 1980. 

Pada tahun 1993, inovasi dual flush tersebut disempurnakan dan akhirnya terbentuklah dua tombol flush seperti yang sekarang kita kenal. 

Itulah dia ulasan singkat terkait fungsi khusus dari 2 tombol flush yang ada pada toilet duduk. Setelah menyimak informasi diatas, jangan salah lagi menggunakan tombol flush pada toilet duduk, ya!
Bagi Anda yang sedang mencari toilet duduk dengan desain modern dan berteknologi canggih, maka toilet dari Kohler adalah jawabannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *