Menghitung Usia Kehamilan dengan Cara Manual

menghitung usia kehamilan

Mengetahui usia kehamilan membantu memperkirakan hari kelahiran. Sehingga, ibu hamil bisa melakukan persiapan baik secara fisik, mental, maupun finansial. Ada cukup banyak cara menghitung usia kehamilan yang bisa Anda lakukan. Jika ingin mencobanya sendiri, Anda bisa memanfaatkan cara manual. Tenang saja, cara ini tetap mudah dan simple untuk siapa saja. 

Begini Menghitung Usia Kehamilan dengan Cara Manual

Usia kehamilan bisa diketahui melalui masa ovulasi seorang wanita. Sayangnya, tidak semua wanita mengetahui kapan masa tersebut. Oleh sebab itu Anda bisa mengetahui usia kehamilan dengan cara berikut ini:

1. Metode Siklus Haid

Cara paling umum untuk mengetahui usia kehamilan yaitu menggunakan metode siklus haid. Anda perlu mengetahui hari pertama haid terakhir atau HPHT serta durasi rata-rata siklus haid. Hanya wanita hamil dengan siklus haid normal yaitu 28-30 hari yang bisa menggunakannya.

Cara mengetahui usia kehamilan yaitu:

  • Tentukan hari pertama haid terakhir lalu tambah dengan 7 hari. Hari tersebut adalah hari pertama masa subur.
  • Hitung mundur 3 bulan dari hari pertama masa subur. Hari tersebut adalah perkiraan tanggal konsepsi.
  • Tambahkan 1 tahun untuk mengetahui perkiraan usia kehamilan dalam tahun.
  • Kurangi 3 bulan untuk mengetahui usia kehamilan dalam bulan. 
  • Tambahkan 7 hari untuk mengetahui usia kehamilan dalam minggu.

2. Sistem Fundus Uteri

Cara mengetahui usia kehamilan dengan sistem fundus uteri yaitu meraba rahim di dinding perut. Melalui perabaan, Anda bisa melihat gerakan dan aktivitas janin. Selanjutnya Anda perlu mengukur jarak dari simfisi pubis ke puncak fundus uteri. Gunakan pita pengukur atau jari tangan untuk melakukannya. Selanjutnya hitung menggunakan rumus:

Usia Kehamilan (Minggu) = Julah Sentimeter + 12. 

Mudah bukan menghitung usia kehamilan dengan cara manual? Selain itu, Anda juga bisa memeriksakannya ke dokter untuk dilakukan USG (Ultrasonografi). Jika sudah mengetahui usia kehamilan dan mendekati HPL, jangan lupa siapkan perlengkapan calon Buah Hati. Salah satunya yaitu popok MAKUKU SAP Diapers yang super tipis dan nyaman. 

Popok dengan struktur inti SAP (Super Absorbent Polymer) ini juga memiliki fitur belly button u shape. Fitur tersebut mampu melindungi bagian pusar dari gesekan dengan baju ataupun popok. Jadi jangan ragu memilih MAKUKU SAP Diapers. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *