web log free
reksadana syariah online

Investasi Reksadana Syariah Online Dengan Segudang Keuntungan

Masyarakat Indonesia masa kini sudah mulai ‘melek finansial’ alias sudah paham dan sudah menggunakan produk keuangan dan investasi Reksadana Syariah online.  Indikatornya jumlah investor di sepanjang tahun 2018 lalu mengalami kenaikan yang signifikan lebih dari 30%. Contohnya investor reksadana per akhir tahun lalu hampir mencapai jumlah satu juta peserta.

Jumlah ini meningkat jauh dari posisi tahun 2017 sebanyak 670.000 investor. Salah satu alasan investasi reksadana diminati karena banyak pilihan produknya untuk berbagai pilihan resiko dan reksadana juga ada pilihan reksadana syariahnya. Hadirnya reksadana syariah tentu menyesuaikan dengan demografi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim.

Perbedaan Antara Reksadana Syariah Dengan Reksadana Konvensional?

Perbedaannya  pengelolaan dana di produk Reksadana syariah online diinvestasikan ke dalam produk investasi saham, obligasi dan instrumen pasar uang yang sesuai dengan ketentuan dengan prinsip syariah Islam. Contohnya seperti saham syariah dan sukuk. Lebih rincinya, hal yang membedakan reksadana syariah dibanding konvensional adalah akadnya.

Hasil gambar untuk Reksadana Syariah Online

Akad yang digunakan dalam mekanisme kegiatan reksadana syariah meliputi akad kerjasama (musyarakah), sewa menyewa (ijarah), dan akad bagi hasil (mudharabah). Hal ini tercantum pada Fatwa MUI No 20/DSN-MUI/IV/2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksadana Syariah.

Manajer investasi syariah yang mengelola dana produk reksadana syariah tidak hanya diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tapi juga diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah Majelis Ulama Indonesia (DPS MUI). Jadi, sudah gak perlu diragukan lagi kan soal prinsip syariahnya. Dengan memilih reksadana syariah kita dapat mencapai tujuan finansial dengan lebih cepat (dibandingkan dengan menabung) tapi tetap dengan cara yang sesuai syariat islam. 

Adapun tujuan finansial tersebut diantaranya untuk pergi umroh, naik haji atau bisa juga mengumpulkan dana untuk membeli kendaraan bermotor atau rumah sekalipun. Dengan memilih berinvestasi di produk syariah maka seperti ungkapan bijak yang sering kita dengar: Tujuan yang baik akan lebih baik lagi jika dicapai dengan proses yang baik pula. 

Sekarang kita dapat memanfaatkan untuk mulai mencoba atau mengalihkan investasi kita ke Reksadana syariah online. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba investasi reksadana syariah bisa melalui perusahaan manajer investasi (MI) syariah yang ada. Salah satunya Financial yang memiliki banyak pilihan produk reksadana syariah.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *