web log free
Biaya Asuransi Mobil

Tips Untuk Memilih Biaya Asuransi Mobil yang Sesuai dengan Kebutuhan

Kecelakaan adalah hal yang tidak diinginkan dan pasti dihindari oleh siapapun. Namun terkadang hal tidak terduga bisa saja terjadi. Apakah karena kelalaian pribadi ataupun kelalaian orang lain pada saat berkendara, yang jelas hal tersebut dapat menimbulkan kerugian baik fisik maupun finansial. Biaya yang harus dikeluarkan untuk perbaikan mobil dan pengobatan tidaklah sedikit. Oleh karena itu, asuransi menjadi hal yang wajib dimiliki oleh setiap orang bahkan kendaraan sekalipun.

Terdapat dua asuransi mobil yang banyak diminati oleh masyarakat seperti All Risk dan TLO. Pada umumnya, Biaya Asuransi Mobil berbeda sesuai dengan jasa asuransinya. Tentunya perbedaan biaya tersebut berkaitan dengan proteksi serta keuntungan yang akan didapatkan. Setiap produk asuransi memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Kamu harus bijak dalam memilih produk asuransi yang sesuai dengan keinginanmu.

Related image

Besar kecilnya biaya premi yang harus dibayarkan ditentukan oleh 3 faktor, yaitu jenis jaminan (All Risk /TLO), jenis kendaraan, dan harga kendaraan. Pada umumnya semakin mahal harga mobil, maka semakin tinggi pula premi asuransinya. Premi adalah sejumlah uang yang harus dibayarkan sebagai kewajiban dari tertanggung atas keikutsertaannya dalam sebuah asuransi. Biasanya premi akan dibayarkan dalam jangka 12 bulan atau pertahunya. 

Setiap asuransi mobil memiliki kebijakan premi yang berbeda-beda. Secara garis umum, cara menghitung premi asuransi mobil TLO dan all risk didasarkan pada rate asuransi yang dikalikan harga mobil yang akan diasuransikan. Untuk premi asuransi TLO, rate asuransi mobil rata-rata 0,8 % – 1 %. sedangkan rate asuransi mobil all risk rata-rata 2,5 % – 3,5 %. Selain itu jenis, tahun, dan plat juga bisa jadi memengaruhi besarnya premi yang harus dibayarkan.

Ada pula asuransi yang mempertimbangkan lokasi, usia pengemudi, jenis jaminan, rekam jejak kredit, hingga usia pengemudi. Guna mempermudah dalam menentukan pilihan produk asuransi, berikut ini tips untuk memilih Biaya Asuransi Mobil yang sesuai denganmu :

  1. Hindari dengan hanya fokus pada biaya premi saja, jangan hanya memilih berdasarkan harga asuransi mobil, akan tetapi dengan mempertimbangkan perbandingan premi yang dibayarkan dengan manfaat asuransi mobil yang diperoleh.
  2. Kamu harus memperhatikan biaya kerusakan sendiri yang harus dibayarkan pada saat proses klaim asuransi mobil. Setiap asuransi mempunyai kebijakan masing-masing terkait hal ini. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan dengan baik guna memperoleh pilihan asuransi yang tepat.
  3. Pada saat akan mendaftar asuransi, kamu harus memperhatikan kondisi mobil dengan baik karena kondisi tersebut yang dijadikan sebagai dasar bagi perusahaan asuransi mobil pada saat menerima proses klaim. Kondisi kerusakan yang sudah ada sebelumnya akan ditolak proses klaimnya atau klaim tidak berlaku.
  4. Klaim yang secara terus menerus bahkan berkala dapat menaikkan premi dengan resiko tinggi, tentunya jumlah biaya juga akan bertambah. Oleh karena itu, kamu tetap harus berhati-hati dalam berkendara.
  5. Pastikan bahwa harga mobil yang digunakan reasonable karena premi ditentukan secara persentase dari harga mobil yang akan diasuransikan. Kamu perlu mengecek harga pasaran mobil terlebih dahulu, tahun pembelian dan jenis kendaraan.

Demikianlah beberapa tips memilih Biaya Asuransi Mobil yang sesuai dengan kebutuhanmu. Semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *