web log free
KTA Syariah

Inilah Keuntungan Menggunakan KTA Syariah

Sepertinya Bank Syariah tidak mau kalah dengan produk yang ditawarkan oleh Bank Konvensional, yaitu Kredit Tanpa Agunan Syariah. KTA Syariah memiliki banyak perbedaan dengan KTA Konvensional. Salah satunya adalah, KTA Konvensional menambahkan bunga untuk mendapatkan laba perusahaan dengan perhitungan presentasi tertentu, sedangkan Syariah tidak membebankan bunga karena menganut sistem kemitraan yang sesuai dengan syariat islam.

Selain itu, dana yang dicairkan hanya ditujukan untuk hal-hal yang halal, sehingga pada saat Anda akan mengambilnya pihak Bank Syariah menanyakan perihal penggunaan dana tersebut untuk apa. Dalam KTA Syariah juga Anda dapat menentukan besaran plafon, bahkan ada Bank Syariah yang mengeluarkan dana di atas Rp 100 juta. Besaran plafon pinjaman pada Bank Syariah mulai dari Rp 5 juta hingga Rp. 200 juta, dengan jangka waktu yang bervariasi yaitu mulai dari satu tahun sampai empat tahun.

KTA Syariah
KTA Syariah

Pada prinsipnya juga sudah mencakup pembiayaan multiguna sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan seperti, pergi umrah/haji, bangunan, tanah, logam mulia, kendaraan, modal usaha, dan lain sebagainya. Untuk mengenal lebih jauh tentang KTA ini, selain melihat perbandingan antara syariah dengan konvensional. Ada baiknya Anda juga mengetahui terlebih dahulu mengenai keuntungan apa saja yang terdapat dalam KTA Syariah. Dan berikut ini merupakan keuntungan menggunakannya, antara lain :

  • Fasilitas Sama dengan Bank Konvensional

Jika Anda ragu menggunakan KTA Syariah, tak perlu khawatir. Karena KTA pada Bank Syariah memiliki fasilitas yang sama dengan Bank Konvensional. Dalam hal ini berhubungan dengan proses kemudahan bertransaksi, seperti internet banking, pembayaran cicilan, dan sebagainya.

  • Jaminan Halal

Meminjam uang di Bank Syariah merupakan pilihan yang tepat bagi umat muslim yang ragu meminjam pada Bank Konvensional. Karena dana yang dicairkan dijamin halal oleh Bank Syariah. Begitu juga dengan KTA berbasis syariah ini, menjamin kehalalannya dengan tidak membebankan bunga.

  • Beribadah Melalui Sistem Zakat

Pada Bank Syariah, Anda bisa beribadah sambil meminjam uang. Maksudnya, Anda yang menggunakan produk Bank Syariah berarti ikut berpartisipasi aktif dalam membayar zakat. Karena 2,5% dari keuntungan yang diperoleh Bank Syariah akan disalurkan untuk zakat.

Penjelasan di atas merupakan keuntungan-keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan KTA Syariah. Bagi umat islam, menabung atau meminjam uang kepada Bank memang tetap harus memperhatikan ketentuan syariat islam yang berlaku. Dengan menggunakan ini, Anda tak akan khawatir lagi tentang bunga bank, karena pada Bank Syariah sama sekali tidak terdapat bunga bank yang membebankan nasabah nya pada cicilan peminjaman tersebut.

Meskipun tanpa agunan, menggunakan produk Kredit Tanpa Agunan pada Bank Syariah tetap terdapat syarat dan aturan yang berlaku untuk memudahkan pencairan dana. Sekian ulasan mengenai keuntungan-keuntungan menggunakan KTA Syariah. Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *